5 Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Penjualan
Dalam menjalankan usaha,
ada hal yang lebih penting dibanding menciptakan produk, yaitu pemasaran
produk dan jasa yang dilakukan dengan handal. Bisa dikatakan, strategi pemasaran
merupakan kunci berhasilnya penjualan suatu produk. Akan tetapi
kualitas produk juga tetap perlu diperhatikan karena menjadi poin
penting dalam pemasaran tersebut.
Setelah anda memastikan produk anda
memiliki kualitas yang baik, ciptakanlah strategi pemasaran yang baik
dan efektif agar prosesnya dapat berjalan dinamis dan terkontrol. Nah, berikut ini adalah 5 strategi pemasaran dalam berbisnis yang bisa anda terapkan untuk meningkatkan penjualan produk atau jasa Anda:
Lakukan identifikasi terhadap target
pasar anda. Misalnya, jika usaha anda bergerak dalam pemasaran fashion
Korea, anda bisa membidik kalangan remaja yang identik dengan demam
Korea. Jika usaha anda bergerak dalam pemasaran
sepatu wedges, anda bisa membidik para wanita dengan rentang umur 20-35
tahun. Identifikasi yang tepat dapat mempermudah anda dalam menyusun
strategi pemasaran yang efektif dan menghindarkan anda dari pembuangan
biaya dan waktu yang sia-sia.
2. Melakukan Promosi
Lakukan pengenalan produk/promosi kepada
konsumen dengan cara yang kreatif. Sebisa mungkin, anda harus melakukan
promosi yang konsisten dan terus-menerus. Misalnya setiap kali anda bepergian,
anda bisa membawa brosur dan pamflet berisi produk usaha anda untuk
dibagikan kepada orang yang dituju, keluarga, rekan kerja, ataupun
disebarkan di tempat-tempat umum. Bisa juga dengan membuat status
mengenai produk usaha anda di sosial media.
Selain itu, amatilah bagaimana promosi
yang diterapkan oleh para kompetitor. Jika promosi anda lebih menarik,
silahkan melanjutkan. Namun jika promosi kompetitor jauh lebih menarik,
segera siapkan promosi yang lebih unik, kreatif, dan menarik. Satu lagi cara promosi yang dapat anda
lakukan adalah dengan berpromosi dari mulut ke mulut. Tak dapat
dipungkiri bahwasannya cara ini dapat menjaring pelanggan jauh lebih
banyak. Dengan berbagai cara ini, anda dapat menemukan pelanggan dengan
sendirinya.
Hal penting lainnya yang harus
diperhatikan ialah pemilihan lokasi usaha. Anda bisa melihat contohnya
lewat berbagai Bakery yang berdiri di sepanjang jalan yang sibuk dan
dilalui oleh banyak orang. Pemilihan lokasi tersebut merupakan
salah satu strategi mereka untuk menjaring pelanggan. Karena itu,
pilihlah lokasi usaha yang strategis dan tepat agar usaha anda dapat
dijangkau oleh pelanggan.
Salah satu strategi pemasaran yang sedang gencar dilakukan ialah internet marketing. Dengan menampilkan produk usaha anda pada situs jejaring sosial, maka anda dapat mengetahui bagaimana selera konsumen dan apa yang mereka butuhkan. Semakin hari aktivitas jual beli melalui online shop semakin marak dilakukan.
Para konsumen cenderung ingin berbelanja
dalam ruang yang lebih privat dan terhindar dari keramaian. Internet
membuka pintu yang lebar bagi anda untuk berinovasi. Anda dapat menampilkan produk usaha anda
pada website, blog, facebook, dan situs lainnya, dengan memasang
foto-foto yang sekiranya dapat menarik konsumen. Dengan menggunakan internet marketing, anda juga dapat berinteraksi secara langsung dengan konsumen tanpa dibatasi ruang dan waktu.
5. Menjalin Hubungan yang Baik dengan Konsumen
Konsumen ialah raja. Slogan satu ini
patut dipertahankan guna menjaga kelangsungan suatu usaha. Jalinlah
hubungan yang baik dengan konsumen. Hubungi mereka untuk sekadar
menanyakan testimoni mengenai produk usaha anda ataupun menginfomasikan
produk yang baru anda keluarkan, dan promo yang sedang berjalan.
Konsumen membutuhkan produk dan anda
membutuhkan konsumen untuk orientasi keuntungan. Maka itu, terapkanlah
simbiosis mutualisme dalam hal berbisnis. Menjalin hubungan yang baik dengan
konsumen merupakan kunci terakhir yang harus anda pegang untuk mencapai
kesuksesan dalam berbisnis. (by : Asri Tadda)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar