Minggu, 18 Mei 2014

5 Faktor Pendukung Keberhasilan Wirausaha




Seseorang yang hendak masuk ke dunia wirausaha, tidak cukup hanya bermodal keberanian dan dukungan financial yang kuat semata. Bahwa kedua hal tersebut merupakan salah satu modal utama dalam dunia wirausaha, adalah benar. Namun perlu juga di ingat, bahwa kedua hal tersebut bukan merupakan satu – satunya hal yang menentukan keberhasilan seseorang dalam dunia wirausaha.
Salah satu tokoh yang kerap diceritakan memulai bisnis dri nol adalah Bob Sadino. Tokoh yang dikenal karena hobinya bercelana pendek dalam bebagai acara ini, memulai kisahnya suksesnya dari enam buat telur ayam kampung. Dari enam butir ayam kampung yang dijajakan dari rumah ke rumah inilah, yang kemudian menjadi modal awal keberhasilan mendirikan kerajaan bisnis di Indonesia. 
Beberapa pertimbangan yang diperlukan seseorang dalam memilih wirausaha yang akan digeluti di antaranya adalah :
1.      Faktor Pasar
Faktor pasar inilah adalah peluang dan ketersediaan pasar. Apakah pada nantinya, usaha yang kita jalankan bisa diterima oleh pasar atau tidak. Selain itu, perlu juga dipertimbangkan mengenai bagaimanakah selera pasar terhadap produk pasar terhadap produk sejenis yang sudah ada Sehingga kita bisa menciptakan produk yang berbeda dari produk yang sudah ada sebelumnya. Tentunya dengan melakukan perubahan pada produk, usaha yang Anda jalankan itu mampu mengikuti selera pasar dan bisa diterima oleh konsumen.
2.      Faktor Persaingan
Memilih membuka usaha, artinya Anda sudah harus siap dalam menghadapi persaingan. Karena menjalankan usaha memiliki risiko tinggi terhadap kegagalan. Meski demikian, bukan berarti bisnis yang di dalamnya penuh dengan persaingan tidak layak untuk dipilih. Apabila kita bisa memberikan kompetensi atau keunggulan daripada produk yang diciptakan oleh pesaing, bukan tidak mungkin kitalah yang akan menjadi pemenang dalam proses persaingan bisnis tersebut.
3.      Faktor Permodalan
Dalam pilihan ini, ada tiga jenis permodalan yang bisa ditempuh. Yang pertama adalah modal sepenuhnya berasal dari dana pribadi. Pilihan kedua, modal berasal dari gabungan dua pihak atau lebih. Yang ketiga, modal sepenuhnya berasal dari pihal luar. Untuk menentukan pilihan jenis permodalan yang akan dipilih, salah satunya dengan mengambil resiko dari sebuah bisnis yang akan dijalankan, maka sebaiknya semakin kecil modal sendiri yang ditanamkan. Dengan demikian, kita akan meminimalisir tingkat resiko yang kita dapatkan.
4.      Faktor Produksi
Faktor produksi yang dimaksud di sini adalah segala hal yang berkaitan dengan komponen. Pendukung wirausaha yang dijalankan. Di antaranya bahan baku, kita tidak perlu berbagi keuntungan dengan pihak lain.
5.      Kreatif
Salah satu kunci penting dalam mencapai keberhasilan di bidang wirausaha adalah kreativitas. Tanpa adanya kreativitas yang tinggi, maka seseorang hanya menjadi seorang yang terbawa arus saja tanpa pernah mampu menjadi diri sendiri mereka sendiri. Sering kita baca kisah-kisah para pengusaha sukses selalu saja diwarnai dengan imajinasi mereka yang menciptakan sesuatu hal yang baru yang pada akhirnya menjadi sebuah usaha baru yang tren di tengah masyarakat. Selain itu proses kreatif bisa di gali dengan cara memupuk keberanian untuk mewujudkan semua pemikiran yang ada di otak kita. Tanpa keberanian, semua ide dan gagasan yang mungkin sebenarnya brilian hanya akan tersimpan dalam otak kita saja. Ini adalah masalah klasik yang banyak dihadapi oleh para wirausahawan kita sekarang ini.
(Redaksi Majalah Mesin Bisnis)
Sumber :http://majalahmesinbisnis.com/

Tidak ada komentar: