Minggu, 18 Mei 2014

Manfaat Daun Salam Untuk Kesehatan

Karena daun salam segar adalah sumber vitamin C, memberikan 46.5 mg atau 77.5% dari AKG per 100 gram selain itu juga daun salam merupakan sumber asam folat yang baik, mengandung sekitar 180 mg atau 45% dari anjuran nilai harian per 100 gram. Asam folat sangat diperlukan ibu hamil untuk mencegah bayi lahir cacat.
Daun yang beraroma khas ini ternyata juga memiliki manfaat untuk menjaga selaput lendir pada mata dan juga kesehatan kulit karena kandungan vitamin A yang terdapat didalam daun salam. Jika kita selalu mengkonsumsi makanan yang mengandung tinggi vitamin A maka kita akan terhindar dari kanker paru- paru dan rongga mulut.
Berikut ada 2 resep yang bisa anda coba utnuk mendapatkan manfaat dari daun salam.
Resep Pengobatan menggunakan Daun Salam
manfaat-daun-salam-untuk-kesehatanSebagai Obat Batuk
- 2 gelas air
- 3 sdm madu
- 10-15 daun salam kering
- 1 buah lemon
Cara meramunya adalah dengan merebus daun salam tersebut dengan menambahkan madu dan lemon, rebus hingga mendidih dan air mulai menyusut hingga kurang lebih tersisa satu cangkir dan dinginkan. Simpan dalam cangkir yang kedap udara lalu simpan dalam lemari es. Minumlah ramuan herbal tersebut 2-3 sendok makan per hari. Obat ini bisa diminum dalam keadaan dingin atau bisa anda hangatkan terlebih dahulu.
Teh Daun Salam
- 1 Gelas air
- 4 daun salam kering
Cara membuat teh ini adalah dengan merebus daun salam hingga mendidih, masukkan ke dalam cangkir dan tidak perlu disaring dan ditambah gula. Jika anda ingin rasa yang agak manis anda bisa menambahkan sesendok madu kedalam cangkir . Teh ini berkhasiat untuk menenangkan.
Sumber : http://caksandi.com/manfaat-daun-salam-untuk-kesehatan/

Tidak ada komentar: